Makan Nasi Panas?? Aaahhh g enak dan g sehat lho

Makan Nasi Panas?? Aaahhh g enak dan g sehat lho
Pondok Alam, Nasi hangat mengepul memang jarang gagal dalam urusan membangkitkan selera makan. Yah, menurut saya sih, hanya masalah kebiasaan hehe. Saya pribadi lebih suka nasi beras hitam yang sudah dingin, tapi sayurnya sih lebih enak yang hangat… ?
Kalau kata Pak Kiai, makan sebaiknya ditunggu beberapa menit. Memang maksudnya memudarkan nafsu sehingga kita makan untuk kebutuhan badan, bukan untuk memuaskan nafsu. Tapi selain itu ternyata juga mendinginkan nasi, karena nasi yang panas lebih cepat menaikkan gula darah.
Lalu apa itu Resistant Starch?
Starch atau pati adalah komponen utama nasi yang merupakan karbohidrat. Saat pati dicerna tubuh maka akan segera berubah menjadi gula darah. Semakin cepat pati dicerna, maka semakin tidak baik karena berarti gula darah kita melonjak.
Nah, diantara pati tersebut, ada sebagian yang mampu bertahan dari pencernaan kita sampai ke usus besar. Karena sifat ‘tahan cerna’ inilah maka disebut sebagai ‘resistant starch’. 
Kalau tidak tercerna apakah baik?
Justru baik karena akan berfungsi sebagai serat larut yang melancarkan, dan menjadi makanan lezat bagi bakteri baik yang menghuni saluran cerna kita. Bakteri atau serng disebut mikroflora di tubuh kita jumlahnya 10 kali lebih banyak dari jumlah sel tubuh kita sendiri. Dan apabila dipadatkan akan sebesar bola sepak. Mereka berperan penting dalam menjaga kesehatan kita pada banyak hal, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan sampai menghasilkan vitamin. 
Jadi bagaimana mendapatkan resistant starch?
Sederhana, semakin dingin nasi, maka semakin banyak jumlah resistant starch yang dikandungnya. Saya pernah ketemu seorang teman yang telah membuktikan. Pola makan tetap sama, porsi ya sedang saja, hanya nasinya yang sudah dingin. Hasilnya berat badan turun lumayan, sekitar 5 kg selama 2 minggu. 
Di luaran sana, resistant starch mulai populer sejak 3 tahun belakangan. Banyak pula yang telah merasakan hasilnya. Bahkan sampai ada istilah ‘safe starch’ seperti tersebut oeh Paul Jaminet dalam Perfect Health Diet. 
Tentang proses resistant starch ini, nanti akan kita bahas di artikel berikutnya. Kesimpulannya, lebih baik makan nasi yang sudah dingin. Lebih baik lagi kalau nasinya adalah nasi beras hitam, atau setidaknya dicampur nasi apapun dengan nasi hitam ?. Apalagi nasi ungu...uuhhuuiii..nikmatnya yummy

http://berashitam.com

Subscribe Our Newsletter

Dapatkan info dari Pondok Alam dengan mendaftarkan email anda