Tepung Mocaf

Tepung Mocaf
Pondok Alam, Modified Cassava Flour (mocaf) adalah tepung kasava (singkong) yang sudah termodifikasi melalui suatu proses biologi. Dengan proses biologi, maka mocaf telah mengalami perbaikan mutu, diantaranya, warna semakin putih, aroma singkong berkurang secara signifikan (dan tidak ada aroma tape), tekstur lebih halus, elastisitas meningkat, lebih mengembang saat digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk olahan kue, serta rasa pahit yang disebabkan oleh kandungan HCN berkurang secara signifikan. 

Selain itu, tepung mocaf tidak mengandung gluten yang banyak terkandung dalam tepung terigu, sehingga aman di konsumsi oleh penderita autis dan balita. 
Kandungan gizi tepung mocaf tidak begitu berbeda dengan terigu. Hanya saja, pada tepung mocaf lebih sedikit kandungan proteinnya di bandingkan dengan tepung terigu. Pengolahan lebih lanjut menjadi aneka cake dan kue akan mengatasi rendahnya kandungan protein tepung mocaf. 

Keunggulan lain dari tepung mocaf adalah; kandungan kalsium, fosfor, dan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan tepung terigu. 
Selain itu tepung mocaf juga mengandung fitoestrogen, suatu hormon yang berfungsi untuk mencegah menopause dini yang biasa tejadi pada kaum wanita

Tepung mocaf memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan tepung terigu, yaitu memiliki kadar lemak rendah. Pembuatan tepung ini pun diproses secara organik. Sehingga baik menghambat proliferasi sel kanker karena mengandung zat skopoletin.

Panganan lokal ini memiliki beragam manfaat. Salah satunya singkong bisa diolah menjadi tepung mocaf, yang kandungannya sangat baik bagi anak-anak penderita autis, orang yang menjalani program diet dan penderita diabetes mellitus.

Subscribe Our Newsletter

Dapatkan info dari Pondok Alam dengan mendaftarkan email anda