Produk Organik: Apa dan yang Bagaimanakah Produk organik itu

Produk Organik: Apa dan yang Bagaimanakah Produk organik itu
Pondok Alam, Setelah lama berkecimpung di dunia organik sejak 2009, ternyata lumayan masih banyak calon konsumen dan konsumen yang belum begitu memahami apa itu produk organik dan produk sehat lainnya tanpa campur tangan proses instan. Walau pun kami hingga saat ini masih terus belajar supaya lebih memahami semua permasalahan produk organik yang benar benar 100% bebas urea dan pestisida.

Foto: Beras menthik susu Organik "Pondok Alam"

Kami terus memperdalam pengetahuan kami dengan bergabung Komunitas Organik Indonesia (KOI) Yogyakarta dari sejak berdirinya KOI di jogja.

Perlu diketahui bahwa produk organik khususnya beras organik, lebih cepat rusak. Tapi kerusakan produk organik tersebut melalui proses pembusukan alami. Misalkan Produk organik khususnya beras rusak dan sudah tidak bisa dikonsumsi lagi jika beras tersebut sudah menjadi bubuk karena diserang kutu. Untuk produk organik sayur, maka sayur tersebut mengalami pembusukan.

Foto: Beras Merah Organik "Pndok Alam"

Untuk mempersempit cakupannya, kita bahas yang produk organik beras saja ya... Beras organik musuh utamanya adalah kutu dan jamur. Hal ini adalah wajar karena beras yang tidak terkontaminasi residu pestisida pasti jadi incaran kutu beras. Dan apabila suhu ruangan tempat penyimpanan beras nya lembab, maka beras organik juga gampang terserang jamur.

Sahabat Pondok Alam, Jangan khawatir jika beras organik yang baru dibeli 1 bulan sudah diserang kutu. Kutu beras tersebut bisa disingkirkan dengan mudah, yaitu dengan cara beras organik tersebut dijemur dibawah terik matahari. Kutu tersebut akan dengan sendirinya lari ketempat yang kurang cahaya (karakteristik kutu beras). Setelah dijemur skitar 3 jam (sambil dibolak balik) maka kutu tersebut sudah melarikan diri. Sehingga beras organik bisa dikonsumsi lagi. Saat hendak disimpan lagi, tempat penyimpanan ditaruh bawang putih baru kemudian beras organik yang sudah ditreatment segera dimasukkan ke tempat penyimpanan tersebut.

Untuk penanganan Jamur dan apek pada beras, cukup dijemur dibawah terik sinar matahari saja, atau disangrai diatas wajan (tanpa minyak) kemudia setelah treatment tersebut beras sudah bisa dikonsumsi lagi.

Beras yang berkutu dan berjamur ada 2 kemungkinan, antara lain beras tersebut sudah lama proses penggilingannya atau beras organik tersebut penggilingan baru dan karena benar benar organik sehingga begitu kemasan nya bocor/rusak maka dalam jangka waktu kurang dari 1 bulan sudah diserang kutu.

Nah untuk beras non organik yang terkontaminasi residu pestisida yang menempel di beras, bisa bertahan hingga berbulan bulan dan kerusakannya tidak disebabkan kutu, biasanya disebabkan oleh jamur.

Sahabat Pondok Alam, kami menjamin bahwa produk beras hitam dan produk beras organik kami selalu penggilingan baru. Kami ready stok dalam volume kecil saja untuk melayani konsumen yan membeli eceran. Dan alhamdulillah perputaran volume kecil tersebut lumayan cepat baik melalui web Pondok Alam, Tokopedia, Bukalapak maupun yang langsung datang kerumah kami untuk bertransaksi produk organik. Sehingga volume kecil yang reday stok tersebut selalu menggiling baru.

Itu semua kami peroleh ilmunya dari temen temen organik yang tergabung dalam KOI tersebut. Nah sekarang sahabat Pondok Alam sudah bertambah pengetahuannya kan tentang produk organik. [Dwias]

Subscribe Our Newsletter

Dapatkan info dari Pondok Alam dengan mendaftarkan email anda