Resiko Produk Organik

Resiko Produk Organik
Pondok Alam, Beberapa waktu yang lalu ada salah satu pelanggan setia beras organik "PONDOK ALAM" yang mengeluhkan perubahan rasa dan tekstur dari beras organik yang dipanen oleh petani petani organik kami. Asumsi yang dilontarkan adalah nasinya tidak pulen, aroma nya tidak wangi, baru beli kok sudah berkutu, baru beli kok sudah berjamur, dan sebagainya. Kami tersenyum ya walau pun kaget juga, tapi kami sadar memang itulah resiko produk organik yang kami jual.

Sahabat Pondok Alam, beras organik atau pun produk organik yang lain (Sayur, Buah, dll) tentu saja ditanam dengan tanpa menggunakan zat kimia buatan dan tambahan. Tanaman organik tersebut ditanam dan dibiarkan hidup sesuai dengan kehendak alam. Para Petani hanya menambahkan pupuk alam juga yaitu: Pupuk Kandang, Pupuk Kompos, Pupuk Kascing, dll dan apabila tanaman tersebut diserang serangga atau hama maka mereka cukup semprot dengan fermentasi batang tembakau, fermentasi urin sapi, dll.

Nah imbas dari perlakuan tersebut terhadap tanaman produktif, maka buah atau hasil panen nya mudah rusak, untuk mempersempitnya kita bicara tentang beras organik. Untuk produk padi organik masih lebih sedikit aman, gabah dari padi organik yang dijemur hingga kering bisa awet hingga 2 tahun (udara tidak lembab).

Namun setelah gabah tersebut digiling menjadi beras maka keawetannya tidak selama beras yang nonOrganik. Beras Organik juga lebih mudah diserang kutu, karena tdk ada residu racun pestisida dan semacamnya. Dan juga mudah berbau apek jika suhu sekitarnya lembab.

Sahabat Pondok Alam, Beras Organik yang di masak pun juga memiliki rasa yang berbeda meskipun jenis berasnya sama. Beras Organik yang ditanam dan dipanen pada musim hujan akan memiliki rasa yang berbeda dengan beras organik yang ditanam dan dipanen pada musim kemarau.

Analoginya Buah Mangga yang ditanam dihalaman secara alami dan panen saat musim kemarau, rasanya manis dan segar namun buah mangga yang dipanen di musim hujan memiliki rasa kurang manis.

Alhamdulillah walau pun memiliki rasa dan aroma yang berbeda, tapi kualitas beras organik kami masih tetap terjaga, dan para petani organik masih tetap konsisten untuk menanam secara organik. [Dwias]

Subscribe Our Newsletter

Dapatkan info dari Pondok Alam dengan mendaftarkan email anda