Manfaat dan Khasiat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Ubi Ungu Bagi Kesehatan
Pondok Alam, Ubi adalah makanan lokal yang kurang menarik selera untuk dimakan bahkan sering dianggap sebagai makanan yang tidak kekinian (bahasa gaulnya). Padahal Ubi terutama Ubi ungu memiliki keunggulan dari pada ubi jenis lainnya. 

Ubi jalar yang berwarna ungu ini memiliki nama latin Ipomea Batatas Poiret. Ubi jalar ini ternyata juga banyak sekali dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat cemilan misalnya, kue, bakpao, minuman, bahkan eskrim. 

Sahabat Pondok Alam ternyata ubi ungu ini memiliki kandungan yang lebih tinggi dari umbi yang lain, antara lain:

- merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi

 Pigmennya lebih stabil bila dibandingkan antosianin dari sumber lain, seperti kubis merah, elderberi, bluberi, dan jagung merah sehingga sering digunakan untuk produksi roti/kue, produksi kosmetik karena zat warna ungu nya stabil.

- Kandungan nutrisiubi jalar ungu juga lebih tinggi bila dibandingkan ubi jalar varietas lain, terutama kandungan lisin, Cu, Mg, K, Zn yang berjumlah rata-rata 20%


Khasiat Ubi Ungu

- Melancarkan aliran darah
Zat antosianin (pigmen warna ungu) pada ubi ungu ini merupakan zat anti-oksidan yang mampu menyerap polusi udara, serta mampu menghambat pembekuan darah sehingga aliran darah menjadi lancar. 

- Mencegah Kanker
Kandungan betakaroten, vitamin C dan E dapat berfungsi sebagai anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan berbagai penyakit kardiovaskuler.
  
- Melancarkan Pencernaan
Serat dan pektin yang ada dalam ubi ungu ini mampu melancarkan pencernaan sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir bisa diatasi
  
- Anti-oksidan
Antosianin pada ubi ungu ini juga memiliki fungsi sebagai anti-oksidan, anti kanker, anti bakteri, serta melindungi terhadap kerusakan hati, serangan stroke, hingga penyakit jantung.

- Anti Kanker
Zat selenium  dan iodin dalam ubi ungu 20 kali lebih tinggi dari ubi lain sehingga bisa menjadi sel anti kanker.
  
- Anti Bakteri
Aktivitas anti bakteri dalam ubi ungu 3,2 kali lebih tinggi dibanding dari berbagai varietas blueberry.
  
- Sumber Karbohidrat
Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam ubi ungu ini bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti nasi. Selain itu warna ungu ubi ini bisa dijadikan pewarna pada makanan.
  
- Diabetes
Memang ubi ungu terasa ada rasa manis, tapi hal ini sangat mempengaruhi untuk pengobatan pada penderita penyakit diabetes. Dengan ubi ungu, penderita diabetes bisa menggantikan nasi atau karbohidrat dengan ubi.
   
- Asma
Memang penyakit asma tidak bisa terobati dengan sembuh total, tapi setidaknya kita mengobati sehingga tidak sesering kambuh, asma biasanya hidung sering mampet, dan paru-paru sulit untuk memompa udara. Dengan mengkonsumsi ubi ungu, anda bisa menggunakan ubi untuk mengatasi penyakit asma.
   
- Menambah Berat Badan
Dengan rasa manis dan karbohidrat kompleks serta vitamin yang terdapat pada ubu ungu bisa menambah berat badan anda. Selain itu  dengan mengkonsumsi ubi ungu maka otot-otot  pada tubuh anda akan terbentuk (dengan artian perlu latihan juga)
  
- Sumber Vitamin A Terbaik
Ubi ungu memiliki kandungan vitamin A  yang tinggi. Vitamin menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A ini ditunjang  karena adanya kandungan beta karoten yang cukup  banyak. Didalam tubuh beta karoten akan diubah menjadi vitamin A dan menyediakan  200 % kebutuhan vitamin A  dalam  sehari untuk tubuh. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat beta karoten sangat banyak. Untuk beta karoten sendiri bisa didapatkan pula  pada  sayur dan buah-buahan yang berwarna orange, kuning , hijau dan ungu.

Sahabat Pondok Alam itulah beberapa keunggulan ubi ungu dari ubi yang lain. Bagi yang lagi mencari ubi ungu dalam bentuk tepung, kami juga menyediakan baik itu untuk eceran maupun partai besar

 Sumber:
https://seafast.ipb.ac.id
http://www.detiksehat.com


Subscribe Our Newsletter

Dapatkan info dari Pondok Alam dengan mendaftarkan email anda