Manfaat Umbi Garut Bagi Kesehatan

Manfaat Umbi Garut Bagi Kesehatan
Pondok Alam, Sahabat Pondok Alam, tahukah Anda mengenai Manfaat garut bagi kesehatan? Berikut ini adalah beberapa manfaat garut yang Admin himpun dari berbagai sumber.

Rendah Kalori

Garut sangat rendah kalori , 100 umbi garut segar hanya menyediakan 65 kalori , lebih rendah dari kentang , ubi , singkong, dll. Pati garut adalah terdiri dari amilopektin ( 80 % ) dan amilosa ( 20 % ) . Pati garut yang tidak berbau digunakan dalam industri makanan sebagai pengental, dan zat penstabil .

Mengandung protein

Garut mengandung protein relatif lebih banyak, daripada sumber makanan tropis lainnya seperti ubi , kentang , singkong, pisang , dll

Bebas Gluten

Seperti pada akar dan umbi-umbian lainnya, garut juga bebas gluten. Pati garut yang bebas gluten juga digunakan untuk makanan khusus bagi pasien penyakit celiac .

Sumber folat yang baik

Akar Garut segar  merupakan sumber folat yang baik . 100 g garut menyediakan 338 mg,  atau 84% dari tingkat kebutuhan harian tubuh akan folat. Folat bersama dengan vitamin B-12 adalah salah satu komponen penting yang mengambil bagian dalam pembentukan DNA dan pembelahan sel. Folat baik bila diberikan selama periode prakonsepsi dan kehamilan, untuk  membantu mencegah cacat tabung saraf dan malformasi kongenital lainnya pada keturunan.

Mengandung vitamin B Kompleks

Garut mengandung vitamin b kompleks dengan tingkat yang sangat, seperti niacin , thiamin , piridoksin , asam pantotenat dan riboflavin . Vitamin-vitamin ini mengambil bagian sebagai substrat untuk enzim karbohidrat , protein , dan metabolisme lemak dalam tubuh .

Mengandung beberapa mineral penting

Selanjutnya , garut mengandung beberapa mineral penting dengan jumlah moderat, seperti tembaga , besi , mangan , fosfor , magnesium , dan seng . Di samping itu, garut  adalah sumber kalium ( 454 mg per 100g atau 10% dari RDA ) . Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah .

Kandungan nutrisi garut per 100 gram

  • Garut mengandung Energi 65 Kcal, Karbohidrat 13,39 g ,Protein 4,24 g , Lemak 0.20 g,Kolesterol 0 mg, Serat 1,3 g.
  • Vitamin-Folat 338 mg,Niacin 1,693 mg,Pyridoxine 0.266 mg ,Riboflavin 0,059 m,Thiamin 0.143 mg,Vitamin A 19 IU,Vitamin C 1,9 mg.
  • Elektrolit-Sodium 26 mg, Kalium 454 mg.
  • Mineral-Kalsium 6 mg, Tembaga 0,121 mg, Besi 2.22 mg, Magnesium 25 mg, Mangan 0,174 mg, Fosfor mg 98, Selenium 0,7 mg, Zinc 0.63 mg.
  • Phyto- nutrisi-Karoten – ß 11 ug -, Karoten -a 0 mg –

Bagi yang membutuhkan Sereal Umbi garut "ORIFLAKES" dan pati garut "PONDOK ALAM", kami menyediakan produk tersebut. dan bagi yang membutuhkan produk organik dan produk alam yang lain juga telah tersedia di www.PondokAlam.id atau bisa juga www.tokopedia.com/pondokalam

Sumber: USDA                



Subscribe Our Newsletter

Dapatkan info dari Pondok Alam dengan mendaftarkan email anda